Lennon, Terpendek tapi Trengginas

Siapa sangka, dengan tinggi tubuh hanya 1,65 meter, Aaron Lennon menjadi pemain sayap yang cukup disegani di Premier League. Lennon yang lahir pada 16 April 1987 di Chapeltown, Leeds juga mencatat rekor sebagai pemain dengan tubuh terpendek di Premier League.

Namun, bermain di tengah pesepakbola Eropa yang rata-rata bertinggi 1,8 meter tidak membuat Aaron Lennon minder. Dia selalu bisa bermain cantik dengan liukan ke kanan dan kiri sambil menggiring bola atau tanpa bola. Aaron Lennon juga dikenal punya naluri mencetak gol yang tinggi.

Berposisi natural sebagai pemain sayap kanan, Lennon memulai karir profesional di Leeds United. Dia menjadi pemain termuda yang pernah tampil di Premier League pada usia 16 tahun 129 hari. Pada saat itu, dia keluar dari bangku cadangan saat Leeds kalah 1-2 dari Spurs di White Hart Lane tepatnya Agustus 2003.

Sebelum masuk ke tim inti, Aaron Lennon sudah cukup lama mengenyam pendidikan di Akademi Leeds. Pada 2001, dia mencetak rekor sebagai pemain termuda yang sepatunya mendapat dana dari sponsor. Saat itu pada usia 14 tahun, dia meneken kontrak bersama Adidas. Kakak Aaron, Tony Lennon juga mengenyam pendidikan di Akademi Leeds tetapi selalu gagal menembus tim inti.

Pada Juni 2005, ketika Leeds mendapat masalah finansial, Lennon dibeli Tottenham Hotspur seharga 1 juta pounds. Debutnya bersama Spurs datang beberapa bulan kemudian yaitu Agustus lawan Chelsea. Pada Maret 2006, dia mencetak gol pertamanya di Premier League saat Spurs menang 2-1 lawan Birmingham City di St Andrews.

Lennon adalah satu dari 10 anggota pasukan Spurs yang keracunan makanan pada senja 6 Mei 2006, sebelum laga krusial akhir musim lawan West Ham United. Kekalahan pada laga ini membuat Spurs gagal menembus zona Liga Champions.

Saat penghargaan pemain muda terbaik Premiership musim 2005-2006 diberikan kepada Wayne Rooney, Lennon masuk daftar nominasi. Lagi, pada 2006-2007 dia dinominasikan sebagai pemain muda terbaik tetapi hanya menempati peringkat ketiga di bawah Cristiano Ronaldo dan Cesc Fabregas.

Pada 8 Januari 2007, Lennon meneken kontrak selama lima setengah tahun dengan nilai 20.000 pounds per pekan. Lennon masuk timnas U21 Inggris pada Oktober 2005 dan dipanggil masuk skuad Piala Dunia 2006. Saat itu, dia sempat tampil lawan Trinidad dan Tobago dan Portugal pada ajang Piala Dunia di Jerman itu. Dengan segala keahliannya, Lennon digadang-gadang untuk menggantikan posisi David Beckham di sayap kanan timnas Inggris.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: