Anelka Paling!!

Jika ada sebutan pemain termahal di dunia, bisa jadi itu adalah milik Nicolas Anelka. Sepanjang karirnya, uang yang dibelanjakan klub secara kumulatif untuk mendapatkan jasa Anelka mencapai angka 87 juta poundsterling. Tidak ada pemain di dunia itu yang akumulasi nilai transfernya bisa melebihi Anelka.

Lahir 14 Maret 1979 di Versailles, Prancis, Anelka adalah pemain yang dilahirkan dengan bakat cemerlang sebagai striker. Sejak memenangi gelar PFA Young Player of The Year pada musim 1998-1999, dia telah berganti klub sebanyak sembilan kali.

Saat ini dia membela Chelsea setelah dibeli seharga 15 juta pounds dari Bolton Wanderers pada awal tahun ini. Tercatat, inilaj klub-klub yang pernah dibela oleh Anelka yaitu Paris Saint-Germain, Arsenal, Real Madrid, Liverpool, Manchester City, Fenerbahçe, Bolton Wanderers, dan Chelsea.

Anelka terlahir sebagai anak Marguerite dan Jean Philippe, keduanya berasal dari Martinique yang berimigrasi ke Prancis pada 1979. Anelka berganti nama menjadi Abdul Salam Bilal setelah masuk Islam. Dia menikah dengan Barbara Tausia pada 9 Juni 2007.

Di lapangan hijau, nyaris sulit mencari orang yang meragukan bakat, ketajaman serta intuisi gol Anelka. Enam musim terakhir, inilah catatan rekor Anelka. 89 laga dan 39 gol bersama Manchester City, 39 laga dan 14 gol bersama Fenerbahce serta 53 laga dan 21 gol bersama Bolton Wanderers. Cukup menjadi bukti naluri alamiah seorang Anelka terhadap gol.

Hingga sekarang Anelka sudah membela timnas Prancis sebanyak 43 kali dan dia sudah mencetak 11 gol. Hingga kinipun Anelka masih mendapat kepercayaan dari pelatih Prancis Raymond Domenech. Dia menuai pujian dari Domenech saat membela Prancis pada kualifikasi Euro 2008 lawan Lithuania di mana dia mencetak satu-satunya gol kemenangan Prancis.

“Inilah Nicolas yang ingin saya saksikan. Ketika dia menunjukkan kualitas seperti ini, dia adalah kandidat pada posisi utama striker,” tutur Domenech. Anelka kini bukan lagi pemain cadangan tetapi inti timnas Prancis pada posisi striker bersama Thierry Henry.

Pada level klub, setelah tampil cukup gemilang bersama Bolton, Anelka menjalani debut saat Chelsea melawan Tottenham Hotspur. Dia mendapat perhatian khusus ketika peluang emasnya sempat digagalkan oleh Radek Cerny dan sekali membentur tiang gawang lawan.

Dengan segala kelebihannya, Anelka bakal menjadi andalan Chelsea pada paruh musim kedua. Bukan tidak mungkin pula, dia akan menjadi tumpuan Prancis pada Euro 2008 Swiss dan Austria.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: