Ranah Italia Tak Bertuah

UNTUK kesekian kalinya, klub Italia takluk di kandang sendiri dari klub Inggris. Ya, kekalahan AS Roma 0-2 dari Manchester United semakin mengukuhkan mitos negatif klub Negeri Pizza di Liga Champions musim ini. Apa itu? Yakni ranah Italia yang tak lagi bersahabat dengan klub dari negerinya sendiri.

Tak hanya Roma, dua wakil Italia lainnya pernah merasakan pahitnya kekalahan di kandang. AC Milan dan Inter Milan bahkan harus tersingkir di perdelapan final dari klub Inggris saat berlaga di depan publiknya sendiri.

Pelatih Milan Carlo Ancelotti juga sempat mengemukakan kalau timnya kena kutukan di kandangnya sendiri musim ini. Hal itu diungkapkan Ancelotti usai timnya kalah 0-2 dari Arsenal di San Siro bulan lalu. ’’Kalah di kandang sendiri dan di depan tifosi merupakan hal menyakitkan dalam sepakbola,” ujar Christian Panucci, kapten tim Roma dalam laga kemarin kepada televisi Sky Italia.

Sebelum kekalahan dari United, sejatinya Roma tidak terkalahkan dalam sembilan laga home di Liga Champions (enam kali menang dan tiga kali seri). Selain itu, dari 10 kali menjamu klub Inggris sebelumnya, hanya dua kali Giallorossi takluk.

Suara senada datang dari Max Tonetto, full back kiri Roma. Diakui Tonetto, United mempunyai jam terbang lebih tinggi di ajang Eropa sehingga menjadi faktor pembeda dengan timnya. ’’Bertanding di Eropa butuh pengalaman. Bagi tim yang sudah mencapai level tinggi, tampil di kandang sendiri atau di kandang lawan tidak akan banyak berpengaruh,” kata pemain yang juga punggawa Timnas Italia itu.
NERAKA DI KANDANG SENDIRI

Tanggal Stadion Hasil Babak

1 April 2008 Olimpico AS Roma kalah 0-2 Perempat final

11 Maret Giuseppe Meazza Inter Milan kalah 0-1 Perdelapan final

4 Maret San Siro AC Milan kalah 0-2 Perdelapan final

28 November 2007 Olimpico Lazio kalah 1-2 Penyisihan grup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: