New Honda CS1

Honda CS1 (City Sport) namanya. Beberapa minggu belakangan di TV banyak menampilkan iklan motor misterius ini. Misterius karena sosok motor tidak ditampilkan sepenuhnya namun berupa siluet-siluet

potongan-potongan body dan gradasi banyangan merah. Honda nampaknya berusaha untuk membuat khalayak penasaran terhadap produk baru ini. Termasuk saya, sangat menanti juga seperti apa wujud dari si misterius tadi. Baru saja akhirnya kepenasaran tersebut dijawab. Trans TV menayangkan launching Honda CS1.

Saya akan sedikit ulasan yang tidak terlalu detail (tabloid motor dan otomotif akan membahas lebih banyak). Sosok lengkap Honda CS1 seminggu lalu sudah saya lihat di Tabloid Ototrend. Di tabloid, foto motor tidak terlihat terlalu bagus. Namun setelah melihat Tran TV cukup keren juga. Spresifikasi dasarnya adalah Hyperunderbone. Istilah dulu orang menyebutnya Ayam Jago. Sekeluarga dengan Suzuki Satri FU 150, Honda Nova Sonic, Yamaha Tiara (masih pada ingat gak?), Suzuki Raider. Mesin yang digunakan konon adalah mesin Honda Nova Sonic dengan kapasitas 125 cc dengan liquid water cooling system. Kopling manual, monoshock, speedometer digital dan rem cakram di kedua roda.

Yang paling unik dari Honda CS1 adalah body yang agak aneh. Pada awalnya saya berpikir Honda akan mengeluarkan motor cowok sekelas Honda Megapro atau Honda Tiger. Honda CS1 adalah perpaduan antara motor bebek dengan motor laki. Bagian belakangnya agak mirip dengan Suzuki Satria dengan lampu belakang tajam dan fender terpisah seperti di Honda Tiger. Namun bagian muka agak terlihat aneh. Secara keseluruhan motor ini nampaknya memang cukup layak dibeli. Kalau saya tidak salah kisaran harnya adalah sekitar 16-17 juta. Lebih mahal dari Honda Supra X 125 yang tercanggih. Sesuai dengan namanya, motor ini adalah motor kota yang dirancang untuk dipakai harian pulang pergi beraktivitas. Cukup gaya dan bahkan sangat gaya. Pastinya juga sangat efektif dipakai meliuk-liuk menerabas kemacetan jakarta di saat jam-jam kerja. Apalagi Honda cukup moderat memilih kapasitas mesin 125 cc alih-alih 150 cc. Jadi semoga saja bensinnya lebih irit.

Dari uraian di atas kans Honda CS1 untuk sukses cukup besar. Pertama ia membawa nama besar Honda, promosi yang cukup intens, model yang agak beda dengan yang lain dan ini adalah produk baru dari Honda setelah terakhir melaunching New Revo awal 2008 lalu. Tapi realita terkadang bisa beda. Masih ingat kan dengan sukses Yamaha Mio yang tidak pernah diduga. Demikian juga dengan larisnya Honda Revo meski pada awal peluncuran banyak yang mencibir miskin teknologi. Belum lagi ceruk pasar untuk Honda CS1 tampaknya tidak terlalu besar. Hanya pria-pria yang mengutamakan speed, akselerasi dan gaya serta yang punya cukup uang. Kalau ada rejeki sih, semoga saya bisa menjadi salah satu pria itu.

PS: Image from: esemelekete.wordpress.com, mudah-mudahan yang punya berkenan.

Ditulis dalam berita. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: